Hampir setengah tahun Saya bekerja dan belajar disini. Berada di salah satu perusahaan Property terkemuka di bandung. :D
Perjalanan ini sungguh rumit, namun semua itu musti tetap di
syukuri atas nikmatnya kesempatan
bekerja, menjalin hubungan dengan sesama Manusia dan Manusia dengan
Pekerjaannya. Jabatan yang saya emban adalah Logistik pada Departemen
Purchasing Suplly By Owner. Secara rutin setiap hari Saya mengurusi kebutuhan
oprasional perusahaan dan menangani pengadaan barang-barang kebutuhan proyek
pembangunan gedung bertingkat di beberapa daerah di Indonesia.
Nampaknya sampai disini dulu cerita mengenai Saya. Tujuan Saya menulis sebetulnya ingin mengingatkan diri sendiri dan membagi sedikit
ilmu yang di ajarkan di perusahaan Kami.
Ilmu itu dikenal dengan 5 S. Apakah 5
S itu ?
Penerapan 5 S, S yang pertama yaitu:
SISIH
Memisahkan barang-barang, mengelompokkan mana yang diperlukan, membuang barang yang menyebabkan ketidak
efisienan dan memboroskan waktu. Sisih merupakan cara mengelompokkan skala PRIORITAS.
Objek: Perlatan Kerja, Dokumen, DLL
SUSUN
Menyusun barang-barang sesuai dengan tempatnya agar terjangkau dan mudah
ditemukan.
Dengan kita menerapkan kegiatan Susun berarti:
-
Menghilangkan waktu yang boros untuk mencari
barang
-
Menciptakan kerapihan dan letak yang efisien
SAPU
Membersihkan setiap perlatan dan tempat kerja dari kotoran sehingga menumbuhkan
perasaan nyaman.
STANDAR
Hasil kegiatan dari sisih, susun, sapu yang dilaksanakan secara tepat.
(Kita juga dapat membuat checklist 5S yang disepakati crew
masing masing.) J
SIKAP
Untuk mematuhi aturan yang telah di standarkan.
Objek: Pembentukan sikap mental.
Namun sayangnya dokumenku terlalu banyak, barang barangkupun
terlalu banyak.. beginilah ruanganku bekerja..
Silahkan definisikan sendiri..
Senangnya berbagi..
0 komentar:
Posting Komentar