Posting saya berikut ini adalah mengenai apa yang akan kita (Mahasiswa Ilmu Kelautan UNPAD 2007) akan pelajari. Saya mendapatkan materi ini dari CPU kampus setengah tahun yang lalu. Sebelumnya bukan bermaksud membajak karena pembajakan sudah ada UU yang mengancamnya (jadi serem gw), tapi berikut ini saya berbagi mengenai mata kuliah besok hari.

Mengkritisi: Dilihat dari kuliah yang kemari-kemarin ternyata infrastrukturnya (sarana pembeajaran ex: Infocus, OHP, dll) tidak ada Bu' DEKAN, kami tidak bisa belajar dengan baik sehingga saya sudah datang jauh jauh dari Baleendah - Jatinangor merasakan sebuah kekecewaan terhadap Fakultas. (numpang curhat gw, untuk kamus tercinta yang lebih baik)

Sudah-lah bagian protesnya, sekarang saya mau berbagi mengenai (baca aja judul di bawahnya), inilah infocus via Blog (sedih banget gw :D) mudah"an ada fa'edah dan manfaatnya bagi yang mampir dan tersesat di Blog ini:

GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PEMBELAJARAN (GBPP)
EKOTOKSIKOLOGI PERAIRAN
M10A135
3(2-1)


Pokok Bahasan

(Pertemuan ke-)

Sub Pokok Bahasan

1. Pendahuluan (Kontrak Kuliah)

Pengertian, Ruang Lingkup, dan Keterkaitan Ekotoksikologi dengan ilmu lain.

2. Konsep Dasar dan Prinsip Toksikologi

Istilah Toxicant, Toxic Agent, Pollutant, Toksisitas dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi toksisitas.

3. Absorpsi, Distribusi, Ekskresi, dan Bioakumulasi

Sifat fisik dan kimia bahan pencemar, proses pengangkutan serta perubahan bentuk bahan pencemar di lingkungan

4. Absorpsi, Distribusi, Ekskresi, dan Bioakumulasi

(Lanjutan)

Bioakumulasi dan Biomagnifikasi

5. Uji Toksisitas

Ruang lingkup, Pentingnya Uji Toksisitas, Hewan Uji dan Prasyarat.

6. Uji Toksisitas

Uji Toksisitas Akut (Acute) dan Kronis (Cronic), Analisis (LC-50) dan Interpretasi Data.

7. Ujian Tengah Semester (UTS)

Materi Pertemuan 1 – 6

8. Pencemaran Perairan

Ruang lingkup, Batasan dan Urgensitas.

9. Sumber dan Jenis Pencemaran Perairan

Sumber (Industri,RT, Pertanian)

Jenis (Organik, Logam Berat, Thermal, Pestisida)

10. Indikator Pencemaran dan Status Pencemaran

Ruang lingkup, Bioindikator, dan Analisis kondisi pencemaran

11. Dampak pencemran terhadap lingkungan dan Organisme

Dampak pencemaran terhadap kualitas lingkungan perairan (fisik, kimiawi) dan terhadap organisme akuatik (biologi)

12. Pengendalian Pencemaran Perairan

Ruang lingkup, Pengendalian Pencemaran secara fisik, kimiawi dan biologis (Bioremediasi)

13. Peraturan Perundang-undangan mengenai tata lingkungan

Ruang lingkup, Kebijakan Assessment Lingkungan, dan sanksi hukum atas tindakan kerusakan lingkungan

14 - 15

Presentasi Mahasiswa

16. Ujian Akhir Semester (UAS)

Materi 8 – 15



RENCANA PRAKTIKUM

Sifat : Laboratory Assessment

Materi :

1. Uji Toksisitas Akut (Acute)

2. Uji Toksisitas Sub-Kronik (Sub-Cronic)

3. Pengamatan Preparat Histologi Kerusakan Jaringan akibat bahan pencemar

Pelaksanaan : Setelah UTS (Pertemuan ke- 6)



Keterangan:
Pedoman di atas dibuat oleh Team Teaching yang di ketuai oleh Prof. H. Yayat Dhahiyat, Drs., MS., Ph.D (doakan saya mendapat tittle panjang seperti di samping,, amin" ya robbal alamin :))
Date Modified: ‎September ‎04, ‎2008, ‏‎7:18:42 AM.

Pembuatannya setahun yang lalu, sudah lama juga ya. Tapi saya kira pedoman-nya tidak akan mengalami banyak perubahan yang berarti alis sama seperti yang telah ada sebelumnya.

Demikianlah yang dapat saya bagi.
Di tunggu Comment-nya u/ menyempurnakan Posting ini selanjutnya..

Salam bahari ! !
Make Our [aquatic] Environment Clean ! !

0 komentar:

Posting Komentar

About this blog

Ini adalah sebuah catatan mengenai pengalaman dalam keseharian Saya . .

Jika Gajah mati meningalkan belalainya, maka Saya meninggalkan catatan ini..

Hari ini adalah hari yang sebenarnya maka berbahagialah !!

Enjoy this Seaogys Blog . .
and give me a comment to corect a wrong thinks . .

About Me

Foto saya
Awalnya Saya sedang menempuh bangku kuliah di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran, Program Studi Ilmu Kelautan, Alhamdulillah sekarang Saya sudah LULUS. Saya menempuh bangku perkuliah sejak tahun 2007 sampai dengan Mei 2011. Tertarik pada pengembangan potensi kelautan nasional dan berbagai masalah kelautan yang di hadapi bangsa Indonesia. Ini catatan perjalan Saya, pemikiran yang ditulis dan dituangkan mudah-mudahan menginspirasi pembacanya. Salam hangat. Ogys

ShoutMix chat widget
Leave me a comment, please ..

Followers

My Yahoo Massenger

My Twitter